Follow Us @babiesglowofficial

Cara Mencuci Wajah yang Benar Sesuai Jenis Kulit



Setiap orang pasti tahu bagaimana caranya mencuci wajah. Bahkan banyak orang juga yang menganggap remeh teknik cara mencuci wajah yang benar. Padahal, apabila dilakukan dengan benar, mencuci wajah bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari kulit kering, kulit berminyak, berjerawat, pori-pori besar, dan lain-lain.
Bagi kamu yang selama ini merasa sudah mencuci wajah hingga bersih tapi tetap berjerawat, punya pori-pori besar, atau mengalami berbagai masalah kulit wajah lainnya, mungkin cara yang kamu terapkan masih belum benar.
Nah, agar masalah kulit tidak lagi menghinggapimu, ada baiknya kamu melihat beberapa cara mencuci wajah yang benar berdasarkan jenis kulit berikut ini.

Cara mencuci wajah kulit normal

Merawat kulit normal jauh lebih mudah dibandingkan dengan merawat jenis kulit lainnya. Mereka hanya perlu mencuci wajah secara rutin dua kali sehari dengan menggunakan air dingin atau dengan tambahan sabun yang lembut tanpa parfum.
Jika kamu menggunakan make up yang tahan lama atau tebal, terlebih dahulu gunakan make up remover yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan eyeliner dan maskara yang tebal. Setelah itu, cuci wajah dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, ini bermanfaat untuk mengangkat sisa-sisa make up dengan sempurna.
Setelah mencuci wajah dan mengeringkannya dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk, lanjutkan ritual mencuci wajah dengan menerapkan pelembab atau toner agar pori-pori wajah kembali mengecil.

Cara mencuci kulit wajah berminyak

Hindari mencuci kulit wajah berminyak terlalu sering menggunakan sabun karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Kulit wajah yang kering akan memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.
Untuk kulit wajah berminyak, cucilah wajah dengan menggunakan air bersuhu normal. Jika terpaksa harus menggunakan sabun, pilihlah sabun yang lembut dan non-parfum.
Untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, terapan pelembab berbasis minyak seperti minyak zaitun. Di siang hari kamu bisa memanfaatkan toner untuk membantu mengurangi produksi minyak di wajah.

Cara mencuci kulit wajah kering

Hindari menggunakan sabun, pencuci muka yang mengandung scrub, dan air panas untuk mencuci wajah kering. Karena semua cara tersebut dapat menyebabkan kulit bertambah kering. Sebaliknya, gunakanlah air dingin untuk mencuci wajah. Setelah dicuci, diamkan beberapa saat agar air meresap ke dalam kulit sebagai moisturizing.

Cara mencuci kulit wajah kombinasi yang benar

Untuk mencuci kulit kombinasi, kamu tetap diperbolehkan menggunakan sabun. Hanya saja penggunaannya sebaiknya dibatasi pada area-area yang paling banyak berminyak, seperti area hidung dan kening.

Cara mencuci kulit wajah sensitif

Setelah mencuci tangan hingga bersih, gunakan facial wash yang mengandung minyak esensial untuk membersihkan kelebihan minyak dan untuk mengurangi noda pada kulit. Untuk mengeringkan kulit wajah setelah dicuci, sebaiknya gunakan untuk khusus untuk wajah dan jangan menggunakan handuk untuk badan.
Sempurnakan ritual mencuci wajah dengan menerapkan toner yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan untuk mengencangkan kulit. Gunakan juga pelembab yang bisa membantu menjaga keseimbangan kulitmu.