Follow Us @babiesglowofficial

Cara Mudah dan Murah Menjaga Kesehatan Kulit Wajah



Siapapun pasti ingin tetap terlihat awet muda, punya wajah cantik dan mempesona, serta kulit yang mulus dan halus hingga tua. Tapi sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara menjaga agar kulit wajah tetap sehat dan segar serta awet muda.
Kalau kamu pengen punya wajah awet muda dan sehat, kamu wajib memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, dan kamu juga harus melakukan perawatan wajah secara eksternal. Nutrisi yang terdapat di dalam makanan yang kita konsumsi sangat bermanfaat untuk melindungi dan memelihara kulit dari berbagai masalah.
Sebaliknya, kalau kamu lebih sering mengkonsumsi makanan-makanan yang miskin nutrisi, seperti makanan olahan, sering mengalami stres, sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula; dan apabila kulitmu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, maka tidak salah apabila kulitmu berubah jadi kusam, terlihat gelap, berminyak, muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan, hingga berjerawat dan kering.
Berikut adalah beberapa cara murah dan mudah menjaga wajah agar tetap sehat dan awet muda.

Perbanyak minum air

Dehidrasi walaupun hanya sedikit, itu sudah cukup untuk mempengaruhi fungsi tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh kita berfungsi kurang optimal. Tidak hanya itu, kekurangan cairan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, bersisik, kendor, dan longgar.

Gunakan produk perawatan wajah

Saat ini ada banyak produk perawatan wajah yang diformulasikan khusus untuk merawat kulit wajah. Diantaranya adalah, day cream, night cream, toner, hingga facial wash. Kamu harus membeli beberapa produk perawatan wajah tersebut untuk melindungi wajah dari kotoran, debu, sinar ultraviolet; serta untuk membantu wajah agar mendapatkan nutrisi yang tepat, mendapatkan kelembaban, dan lain-lain.
Kalau produk-produk dari produsen terkenal atau produk yang berasal dari luar negeri terlalu mahal untuk kantongmu, jangan ragu-ragu menggunakan produk kosmetik lokal yang lebih murah.
Jangan khawatir, walaupun mungkin harganya lebih murah, sebeneranya banyak kosmetik lokal yang justru memiliki kualitas mumpuni dan terbuat dari bahan terbaik, yang lebih cocok diterapkan pada kulit orang Indonesia.

Batasi paparan sinar matahari

Berjemur di bawah sinar matahari memang bagus untuk kesehatan karena sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Tapi kamu harus tahu, disamping bermanfaat, sinar matahari juga bisa menjadi musuh bagi kulit, terutama mulai pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 15.00 sore.
Pada saatitu, sinar matahari cenderung merusak kulit. Diantara beberapa bahaya apabila terlalu sering terpapar sinar matahari (10.00-15.00) adalah: kanker kulit, penuaan dini, kulit berminyak, kendor, kehilangan elastisitas, dan lain-lain.
Kalau kamu terpaksa harus keluar di siang hari, kamu wajib menggunakan produk kosmetik seperti day cream yang dilengkapi dengan SPF untuk melindungi kulitmu.