Follow Us @babiesglowofficial

Fakta-fakta Jerawat, Penyebab, dan Cara Mengatasinya



Jerawat adalah sebuah kondisi kulit tertentu yang menyebabkan munculnya bintik-bintik (jerawat) pada wajah, punggung, dan bahu. Beberapa orang ada yang mengalaminya di leher, dada, serta lengan bagian atas. Umumnya, jerawat muncul sejak kita memasuki usia pubertas dimana kelenjar sebaceous mulai aktif. Kelenjar tersebut akan produksi minyak yang dirangsang oleh hormon androgen. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenal, baik pada wanita maupun pria.
Agar bisa mencegah dan mengatasinya dengan maksimal, terlebih dahulu kita harus mengetahui fakta-fakta mengenai jerawat.

Penyebab jerawat dan fakta mengenai jerawat

l  Jerawat adalah penyakit kulit yang melibatkan kelenjar minyak di dasar folikel rambut
l  Jerawat tidak berbahaya, tetapi dapat meninggalkan bekas luka
l  Jerawat mempengaruhi 3 dari 4 orang berusia 11 hingga 30 tahun
l  Pengobatannya tergantung pada seberapa parah dan persistent jerawat tersebut
l  Faktor pemicu atau yang bisa meningkatkan resiko terkena jerawat di antaranya adalah:
n  Genetika
n  Menstruasi
n  Kehamilan
n  Stres dan kecemasan
n  Iklim, seperti panas dan lembab
n  Penggunaan make up berbasis minyak
n  Akibat terbiasa memencet jerawat
n  Terbiasa memegang wajah dengan tangan kotor
n  Akibat rambut yang kotor dan sering terjuntai ke wajah

Cara mengatasi jerawat

Gunakan produk kosmetik yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Misalnya, kalau kamu tertarik menggunakan cream malam (night cream), pastikan kamu memilih cream yang aman dan diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Contoh, acne night cream whitening atau yang sejenisnya.

Cuci muka secara teratur menggunakan facial wash

Mencuci muka dengan air saja tidak cukup. Kita harus menggunakan facial wash yang memang diformulasikan khusus untuk membersihkan wajah serta sisa-sisa make up dan kotoran termasuk bakteri.
Sebelum mencuci wajah, biasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun karena tangan juga bisa menjadi media transfer bakteri penyebab jerawat.

Gunakan anti-mikroba tropical

Anti-mikroba tropical bermanfaat untuk mengurangi sekaligus mengatasi masalah jerawat intensitas sedang hingga berat. Salah satu bentuk anti-mikroba tropical adalah Retinoid Tropical. Ini merupakan turunan dari vitamin A yang fungsinya adalah untuk mencegah agar pori-pori tidak tersumbat. Sehingga, jerawat maupun komedo tidak akan berkembang.

Hindari stres

Stress tidak hanya dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung sehingga stroke dan darah tinggi. Melainkan, stres juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan gelap serta berjerawat.
Stres perlu dihindari karena dapat memicu hormon adrenal, yaitu hormon yang dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah tidak lancar, sel-sel kulit di tubuh maupun wajah tidak akan mendapatkan pasokan nutrisi dan cairan secara maksimal.