Follow Us @babiesglowofficial

Cara Merawat Kulit Wajah Berjerawat



Ketika memasuki usia remaja, biasanya kita akan mulai berjerawat. Tidak aneh karena di usia tersebut hormon sedang melakukan berbagai perubahan terhadap tubuh kita. Salah satu efek dari aktivitas hormon adalah jerawat. Selain di usia remaja, ada juga orang yang mengalami jerawat ketika memasuki usia dewasa, atau ketika sedang dalam periode tertentu seperti menstruasi dan hamil.
Kalau kamu punya kulit berjerawat, kamu wajib meluangkan waktu untuk memberikan perawatan ekstra. Selain menggunakan produk kosmetik yang aman dan khusus diformulasikan untuk jerawat seperti acne night cream, kamu juga perlu update informasi mengenai cara-cara membersihkan wajah hingga merawat kulit berjerawat.

Cara merawat kulit berjerawat

l  Mulailah dengan memilih pembersih yang khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat. Kamu bisa memilih produk kosmetik lokal atau internasional. Tergantung dari kecocokan dan budget yang kamu punya.
l  Untuk kulit berjerawat, pilihlah produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Kedua bahan tersebut bisa membantu membersihkan luka jerawat.
l  Ketika membersihkan wajah, selalu lakukan dengan hati-hati dan lembut. Karena trauma atau lecet sedikitpun pada kulit dapat menyebabkan jerawat bertambah parah.
l  Saat mencuci wajah, sebaiknya gunakan tanganmu dan hindari menggunakan terrycloth atau bahan penggosok wajah lainnya. Karena dapat menyebabkan jerawat pecah dan menimbulkan luka.
l  Gunakan pelembab secara teratur. Tapi, pilihlah hanya pelembab yang ringan atau pelembab yang bersifat non-comedonic. Ini adalah pilihan terbaik untuk menjaga atau menghindari agar jerawat tidak bertambah.
l  Gunakan pelembab bebas minyak yang mengandung agen anti-bakteri untuk kulit berjerawat. Produk sejenis ini bisa dijadikan sebagai opsi terbaik untuk merawat kulit.
l  Kalau kamu sering menggunakan make-up, kamu harus mempertimbangkan menggunakan foundation bebas minyak. Karena make up yang tebal atau berbagai produk kosmetik lain yang bisa menyebabkan pori-pori terblokir dan kemudian pemicu munculnya jerawat.
l  Kurangi eksfoliasi. Eksfoliasi adalah kegiatan mengangkat sel kulit mati menggunakan scrub atau exfoliator. Proses pengelupasan kulit sangat dianjurkan untuk menjaga agar kulit wajah tetap sehat, terlihat cantik, dan tidak kusam. Tapi khusus bagi pemilik kulit wajah yang berjerawat, para ahli kesehatan kulit menganjurkan kita untuk meminimalisir eksfoliasi.
Sebagai gantinya, sering-seringlah memijat-mijat kulit wajah dengan lembut agar aliran darah menjadi lancar. Namun ingat, jangan memijat terlalu keras karena akan menyebabkan kulit yang berjerawat terasa sakit.
l  Rutinlah membersihkan peralatan make up. Peralatan make up seperti make up brash bisa jadi sarang bakteri yang menyebabkan kulit berjerawat. Kamu wajib secara rutin membersihkan peralatan make up agar jerawat tidak kembali lagi.